Kamis, 18 Juli 2019

Pulau Seribu Destinasi Menarik Utuk Wisata Di Akhir Tahun

Kepulauan Seribu adalah satu kabupaten administrasi di Wilayah Spesial Ibukota Jakarta.Wilayahnya mencakup gugusan kepulauan di Teluk Jakarta. Pusat pemerintahan kabupaten ini terdapat di Pulau Pramuka yang mulai digunakan jadi pusat pemerintahan kabupaten semenjak tahun 2003. Ada dua Kecamatan di Kabupaten Administrasi Kepulauan Seribu yaitu Kecamatan Kepulauan Seribu Selatan serta Kecamatan Kepulauan Seribu Utara. Kecamatan Kepulauan Seribu Selatan membawahi tiga kelurahan yakni Kelurahan Pulau Tidung, Kelurahan Pulau Pari, serta Kelurahan Pulau Untung Jawa. Kecamatan Kepulauan Seribu Utara membawahi tiga kelurahan yakni Kelurahan Pulau Kelapa, Kelurahan Pulau Keinginan, serta Kelurahan Pulau Panggang. Apa Anda ingin manfaatkan waktu berlibur bersama dengan keluarga atau rekan-rekan? Anda biasa berlibur ke TMII, Ancol, Dufan, Ragunan dan lain-lain? Anda ingin memperoleh pengalaman baru serta beda? Kepulauan Seribu salah satu pilihan yang pas serta pantas Anda coba. Kepulauan Seribu tawarkan panorama laut serta pantai yang eksotis dengan pasir putihnya yang menarik, ditambah beberapa pekerjaan menarik yang dapat Anda kerjakan disana seperti diving (menyelam), snorkeling, memancing, berjemur di pantai, dll. Benar-benar menyenangkan! Sekurang-kurangnya, itu yang saya alami saat liburan ke Pulau Pramuka, satu diantara gugusan pulau di Kepulauan Seribu.

Tidak hanya kegiatan-kegiatan itu, terdapat beberapa pekerjaan lain yang dapat Anda kerjakan bila liburan ke Kepulauan Seribu, yakni wisata pendidikan dengan menanam lamun, mangrove, dan rehabilitasi karang, penyu sisik, elang bondol, berkemah, dan lain-lain. Yang Jelas, Kepuluan Seribu pasti memberi kepuasan Anda serta penuhi yang diimpikan paling liar Anda dibawah air hehe…Kepulauan Seribu adalah gugusan kepulauan yang terdapat di samping utara Jakarta, pas bertemu dengan teluk Jakarta. Namanya Kepulauan Seribu bukan bermakna pulau-pulau di gugusan kepulauan itu sejumlah seribu. Jumlahnya pulau itu cuma seputar 342 pulau, terhitung pulau-pulau pasir serta terumbu karang yang bervegetasi atau yang tidak. Pulau pasir serta terumbu karang tersebut sejumlah 158.

Tidak semua pulau yang ada di gugusan Kepulauan Seribu didiami manusia. Seperti banyak pulau-pulau yang lain di Indonesia, sejumlah besar pulau di Kepulauan Seribu tidak berpenghuni. Gugusan Kepulauan Seribu mempunyai kekuatan yang tidak kecil untuk peningkatan beberapa jenis industri, diantaranya pertambangan, perikanan dan yang paling penting adalah pariwisata.Ada lebih dari 19 titik selam-menyelam di beberapa lokasi Kepuluan Seribu, dari mulai Pulau Semak Daun, Gosong Pramuka, Karang Lebar, Pulau Kotok, Karang Balik Monitor, dan lain-lain. Diluar itu, ada lebih dari 130 keanekaragaman resapi terumbu karang yang menyebar, baik di Zone Pemukiman, Zone Pemakaian Wisata, Zone Perlindungan, serta Zone Pokok. Kekuatan biota laut yang lain ialah 242 type ikan karang dengan jumlahnya lebih dari 49.000 ekor per hektar.

Di sini Anda pun akan temukan banyak spesies langka endemik serta biota laut, seperti kima raksasa, kima pasir, abalon, kuda laut, lobster, ikan flasher, nudibren (kelinci laut), penyu, udang mantis, serta barisan ikan renyok dengan jumlahnya yang mengagumkan. Bila mujur, Anda bisa melihat sekumpulan lumba-lumba atau penyu sisik yang sedang tampil di permukaan untuk bernapas.Lebih jauh kembali, buat Anda yang menyukai rintangan, Kepulauan Seribu dengan kekhasan arus lautnya sangat mungkin Anda lakukan penyelaman drift pada musim-musim tersendiri, wreck diving, serta night diving. Sesaat buat yang hoby photografi, Anda dapat mengekspresikan jiwa seni Anda lewat beberapa pemungutan gambar atau video.

Makin jauh pulau arah wisata dari Teluk Jakarta, makin bersih juga pantai serta laut sekelilingnya. Dari Beberapa ratus pulau yang menyebar di Kepulauan Seribu, beberapa pulau telah ditingkatkan jadi pulau resor yang dapat jadikan jadi lokasi untuk berlibur serta wisata, yakni: Pulau Pramuka, Pulau Kahyangan, Pulau Pabelokan, Pulau Bidadari, Pulau Onrust, Pulau Edam, Pulau Kelor, Pulau Rambut, Pulau Ayer, Pulau Puteri, Pulau Matahari, Pulau Sepa, Pulau Pantara Barat serta Pantara Timur, Pulau Bira Besar (Bira Island), Pulau Kotok, Pulau Pelangi, Pulau Papah Theo, Pulau Laki, Pulau Pamagaran, Pulau Sabira, Pulau Saktu serta Pulau Penike.Tetapi, saya tidak mengulas semua di sini sebab tidak cukup bila diterangkan satu-satu, butuh satu buku spesial hehe.. Saya cuma akan mengulas beberapa pulau yang cukup sudah diketahui serta jadikan jadi lokasi untuk berlibur serta wisata, dan beberapa sarana yang disiapkan.
Pulau Pramuka berada di sisi tengah gugusan Kepulauan seribu. Pulau ini adalah pusat administrasi serta pemerintahan Kabupaten Administratif Kepulauan Seribu. Pulau ini jadi satu diantara arah wisata favorite di Kepulauan Seribu, tidak hanya Pulau Untung Jawa, Pulau Puteri serta Pulau Bidadari.Luas pulau ini seputar 9 hektar. Pulau Pramuka di Kelurahan Pulau Panggang, Kecamatan Kepulauan Seribu Utara, DKI Jakarta ini ditempati oleh 1.004 jiwa. Warga yang menempati Pulau Pramuka sejumlah besar ialah etnis Betawi, Bugis, Banten, serta Madura. Jadi pusat pemerintahan Kepulauan Seribu, Pulau Pramuka mempunyai berbagai sarana yang lebih komplet dibanding pulau-pulau di sekelilingnya. Di pulau ini ada sekolah mulai tingkat SD sampai SMA, rumah sakit, kantor kelurahan, serta pusat pelestarian penyu sisik, serta lain lain.Keadaan pulau serta laut yang masih terbangun dan panorama laut yang indah akan tawarkan pengalaman yang tidak terlewatkan buat Anda bila bertandang kesana. Tidak hanya itu, keramahan penduduknya memberikan kesan-kesan nyaman dan aman buat pelancong. Selain itu, terletak yang strategis membuat pulau ini jadi tempat homestay baik untuk berkunjung ke pulau-pulau lain di Kepulauan Seribu.
Anda dapat terhubung pulau Pramuka dari Pelabuhan Muara Angke atau Marina di Ancol. Bila pergi dari Muara Angke, Anda dapat menumpang kapal penumpang memiliki ukuran sedang yang cuma ada 2x dalam satu hari, yakni jam 7 pagi serta jam 1 siang. Tarifnya cuma seputar Rp 30.000 sekali jalan. Yakinkan anda hadir 30 menit mendekati pergi. Pada akhir minggu atau berlibur, Anda harus berebutan tempat dengan penumpang lain.Akan tetapi, Anda tidak temukan satu bangku juga tidak hanya bangku nakoda kapal dibagian depan. Jadi harus, Anda harus lesehan. Waktu pintas ke Pulau Pramuka seputar 2,5 sampai 3 jam, bergantung keadaan kapal serta gelombang di Laut jawa.Nah, untuk Anda yang berkocek tebal, ada speedboat dari Marina Ancol dengan biaya di antara Rp 150 ribu sampai Rp 400 ribu per orang sekali jalan. Waktu tempuhnya seputar 90 menit. Kelebihan naik speedboat, tidak hanya service yang ramah, ruang kapal disiapkan AC hingga Anda merasakan nyaman sepanjang di perjalanan. Warna air laut yang bening kehijauan akan membuat Anda kagum serta mengerti jika masih ada tempat yang tidak jauh dari Jakarta dimana air lautnya masih jernih, tidak seperti air laut di tepian Jakarta yang coklat kehitaman sebab banyak polutan hehe…
Ada beberapa hal menarik yang dapat Anda kerjakan di Pulau Pramuka ini, salah satunya:

Snorkeling, diving serta memancing
Snorkeling, diving (menyelam), memancing, atau nikmati sunset di dermaga. Untuk snorkeling, Anda dapat pilih disamping dermaga Pulau Pramuka atau ikuti paket trip untuk snorkeling di tempat yang Anda ingin. Untuk Anda tahu, perairan seputar Pulau Pramuka benar-benar bagus untuk snorkeling serta scuba diving. Tidak hanya jernih serta berarus tenang, lokasi ini kaya ekosistem bawah laut yang masih lestari. Serta, buat Anda yang hoby memancing, dermaga Pulau Pramuka dibagian depan pulau dapat Anda gunakan untuk mengalirkan hoby Anda, atau menyewa kapal nelayan untuk memancing pada beberapa lokasi memancing yang terdapat banyak ikan-ikan besar. Untuk menyewa kapal memancing ini, Anda butuh keluarkan kocek Rp 450 ribu rupiah per trip. Meskipun begitu, ini jauh tambah murah dibanding lokasi–lokasi lain seperti Tanjung Pasir serta Tanjung Kait di Tangerang.

Penangkaran penyu sisik serta hiu
Anda dapat juga lihat budidaya ikan bandeng yang besarnya dapat segede paha wanita dewasa, eh maaf, paha orang dewasa. Anda dapat juga lihat ikan hiu, bawal, snapper, kerapu macan, serta semua memiliki ukuran jumbo. Tidak itu saja, penjelajahan Anda dapat bersambung dengan lihat Penyu Sisik. Penyu ini benar-benar unik sebab kelihatan bersisik serta tentunya langka.Pulau Pramuka memang populer jadi tempat penangkaran serta pelestarian penyu sisik. Di sini penyu sisik dikembangbiakkan serta dirawat pada ruang spesial. Anda dapat bersentuhan langsung dengan bayi-bayi penyu yang imut di sini. Sesudah cukup usia, penyu-penyu ini akan dilepaskan di habitat aslinya, yakni laut. Penyu sisik terhitung hewan yang terancam punah. Pemerintah serta warga Pulau Pramuka ini benar-benar memberi dukungan usaha pelestarian satwa unik ini.Tidak hanya populer akan penangkaran penyu sisiknya, Pulau Pramuka mempunyai keindahan alam memesona, terutamanya pantai serta lautnya. Pasir pantainya yang bersih, air laut yang jernih, macam terumbu karang serta spesies ikan hiasnya membuat Pulau Pramuka jadi tempat favorite beberapa pelancong.
  • Banana Boat 
Dengan makin mengembangnya pariwisata di pulau Pramuka, sekarang ini sudah diperlengkapi dengan beberapa permainan air yang bisa meningkatkan berlibur Anda jadi lebih menyenangkan, salah satunya permainan banana boat yang banyak disukai oleh beberapa pelancong.Harga sewa yang diputuskan oleh tempat persewaan cukup dapat dijangkau, sekitar di antara Rp 30.000 sampai Rp 50.000 sepanjang dua puluh menit permainan, dimana Anda akan dibawa berputar di seputar pulau untuk bersenang-senang. Oleh karenanya, buat persiapan diri Anda untuk berbasah-basahan.. Byuuur! Sebab nahkoda perahu boat yang menarik banana boat umumnya akan lakukan manuver yang menyengaja dikerjakan supaya banana boat terbalik serta tiap pengunjung yang bermain akan terjungkal serta tercebur ke laut.Tetapi jangan cemas dengan keselamatan Anda, sebab tentu saja pengelola sudah mempersiapkan pelampung yang harus dipakai untuk kurangi risiko kecelakaan seperti terbenam atau terluka. Tentunya tidak hanya perlengkapan keselamatan, ada pengawas permainan yang tetap waspada untuk membantu saat berlangsung hal yang tidak diharapkan.Butuh Anda tahu, sebab yang berminat banyak serta jumlahnya banana boat yang ada masih hanya terbatas, bila anda hadir di waktu berlibur high season Anda butuh mengantre serta masuk dalam daftar nantikan terlebih dulu untuk mengunggu giliran dapat bermain banana boat ini.
Gugusan terumbu karang di seputar pulau ini sangat indah. Pojok ini pas sekali untuk olahraga air seperti diving, snorkeling atau scuba diving. Jika Anda ingin nikmati panorama bawah laut di pulau ini dengan snorkeling, Anda dapat menyewa peralatannya di sini pada harga Rp 20 ribu – Rp 40 ribu per 6 jam. Tetapi jika Anda ingin nikmati keindahannya lebih dalam, Anda dapat coba scuba diving dengan ongkos sewa Rp 350 ribu- Rp 450 per trip. Anda dapat juga melingkari pantai di pulau Pramuka dengan seperti yang dapat disewa Rp 50 ribu /jam, atau memancing di beberapa lokasi memancing yang terdapat banyak ikan-ikan besar. Satu yang membuat Anda kerasan di sini yaitu keramahtamahan penduduknya. Mereka seringkali menolong, menegur, serta tersenyum pada pelancong.
Di Pulau Pramuka, terdapat beberapa tempat yang dapat Anda sewa untuk tempat bermalam. Harga sekitar di antara Rp 350 ribu – Rp 500 ribu per malam. Bila mujur masih kebagian tempat di Villa Delima, pas di tepi pantai sisi depan. Harga sewanya sekitar Rp 350 ribu per malam.

Atau juga bisa menyewa rumah-rumah yang disiapkan masyarakat untuk Anda sewa. Untuk pelancong yang mungkin punyai waktu libur panjang, Anda dapat sekaligus juga berkunjung ke pulau-pulau lain seputar Pulau Pramuka, seperti Pulau Panggang yang menghadap Pulau Pramuka atau Pulau Air serta Pulau Semak Daun yang tawarkan panorama tidak kalah eksotis.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar